Lompat ke isi utama

Berita

Pastikan Warga Memiliki Hak Pilih dalam Pemilihan 2024, Bawaslu Kabupaten Bangka Lakukan Patroli Kawal Hak Pilih

Patroli Kawal Hak Pilih di Kecamatan Pemali

Anggota Bawaslu Kabupaten Bangka, Anja Kusuma Atmaja Bersama Jajaran Melakukan Patroli Kawal Hak Pilih di Kecamatan Pemali, Jumat, 12 Juli 2024

SUNGAILIAT, BADAN PENGAWAS PEMILIHAN UMUM – Guna memastikan setiap warga di Kabupaten Bangka memiliki hak pilih dalam Pemilihan Serentak Tahun 2024, Bawaslu Kabupaten Bangka melaksanakan Patroli Kawal Hak Pilih. Sebut saja pada Jumat, 12 Juli 2024, Anggota Bawaslu Kabupaten Bangka, Anja Kusuma Atmaja bersama jajaran melakukan pengawasan.

Patroli Kawal Hak Pilih ini dilakukan selama tahapan pemutakhiran data pemilih (mutarlih) atau disebut pula dengan pencocokan dan penelitian (coklit) yang akan dilaksanakan hingga 24 Juli 2024 mendatang.

Anja Kusuma Atmaja yang juga membidangi Divisi Hukum, Pencegahan, Partisipasi Masyarakat dan Hubungan Masyarakat menyebutkan pentingnya uji petik dilakukan untuk memastikan kepatuhan prosedur pelaksanaan coklit oleh pantarlih sebagai petugas pemutakhiran data.

“Pengawasan atau Uji Petik Kawal Hak Pilih ini sengaja kita lakukan bertujuan untuk memastikan kesesuaian prosedur dari pantarlih dalam pelaksanaan coklit,” ujar Anja.

Lebih lanjut Anja menyebutkan prosedur yang dimaksud adalah apakah petugas pantarlih melakukan tugasnya dengan benar seperti misalnya memastikan pemilih yang ada di dalam satu rumah warga, memastikan rumah warga yang sudah didata memiliki stiker yang ditempel di rumah warga yang telah didata, memastikan keberadaan warga bersangkutan, apakah masih menjadi warga di suatu wilayah ataukah sudah pindah ke daerah lainnya.

“Kita juga memastikan apakah warga yang didata oleh petugas pantarlih benar-benar akurat. Jangan sampai ada hal-hal yang pada akhirnya tidak sesuai prosedur atau penyalahgunaan,” imbuhnya.

Anja juga  mengingatkan kepada jajaran PKD dan Panwascam se-Kabupaten Bangka untuk memastikan secara detail dan rinci hasil pendataan yang dilakukan oleh petugas pantarlih sehingga jangan sampai ada warga yang memiliki hak pilih malahan tidak memilih.

Bawaslu Kabupaten Bangka tegas Anja berkomitmen untuk memastikan setiap warga mendapatkan hak pilih mereka secara adil dan merata dan berdampak pada meningkatnya partisipasi masyarakat dalam pemilihan serentak.*

Penulis dan Foto: Jhoni Kurniawan

Editor: Wahyu Perdana

Tag
bawaslu bangka
patroli kawal hak pilih
pilkada bangka 2024