Lompat ke isi utama

Berita

Bawaslu Bangka Nilai Pelaksanaan Tahapan Pemilu 2024 Berjalan Cukup Kondusif, Namun Dengan Beberapa Catatan

Pemeriksaan Berkas Saat Rekapitulasi Tingkat Kabupaten Bangka

Pemeriksaan Berkas Saat Rekapitulasi Perolehan Suara Tingkat Kabupaten Bangka

BANGKA, BADAN PENGAWAS PEMILIHAN UMUM - Ketua Bawaslu Kabupaten Bangka, Sugesti menilai proses tahapan Pemilu Serentak Tahun 2024 di Kabupaten Bangka terbilang berjalan dengan cukup kondusif dan aman, meskipun dalam proses yang berjalan ada beberapa hal yang patut dievaluasi terutama terkait dengan kapasitas dan kemampuan penyelenggara teknis. 


Secara rinci Sugesti menyebutkan jika dalam beberapa hal masih ditemukannya KPPS yang belum maksimal dalam menjalankan fungsinya karena mayoritas KPPS adalah orang baru yang belum memiliki pengalaman sebagai KPPS sebelumnya.


Sugesti juga menyebutkan pihaknya menilai sejak tahapan Pemilu 2024 dimulai seperti proses pencermatan daftar calon sampai dengan tahapan inti yaitu pemungutan dan penghitungan suara dinilai berjalan cukup baik, namun secara kualitas perlu diperbaiki mengingat carut marut persoalan daftar pemilih tetap (DPT), daftar pemilih tambahan (DPTb) dan daftar pemilih khusus (DPK) yang dinilai masih banyak persoalan seperti misalnya tidak terdistribusinya Form C Pemberitahuan untuk memilih kepada para pemilih DPT termasuk pula sinkronisasi data pemilih yang masih belum beraturan.


Demikian pula saat proses rekapitulasi penghitungan perolehan suara yang telah dilakukan dari tingkat kecamatan hingga tingkat kabupaten juga dinilai berlangsung cukup kondusif, walaupun ada beberapa persoalan yang masih tersisa. Namun ini lanjutnya juga menjadi wewenang Bawaslu Kabupaten Bangka untuk memberikan saran perbaikan kepada KPU Kabupaten Bangka terkait keberatan saksi partai politik terhadap hasil rekapitulasi suara.  


"Secara teknis mulai dari tahapan awal hingga proses pemungutan dan penghitungan suara serta sampai hari ini bisa dikatakan berlangsung cukup aman dan damain namun dengan beberapa catatan," ujar Sugesti pada Senin, (4/3/2024) di Sekretariat Bawaslu Kabupaten Bangka.


Kendatipun terdapat kendala-kendala yang mungkin sempat menyebabkan keterlambatan penyelesaian rekapitulasi di tingkat kecamatan ataupun kabupaten, namun Sugesti menilai hal tersebut bisa ditangani dengan baik dan dengan cermat sehingga bisa diselesaikan.
Suasana yang kondusif menurutnya juga tidak terlepas dari dukungan seluruh pihak yang terlibat dalam tahapan ini, mulai dari yang paling mendasar yakni masyarakat.


"Kondisi ini tentunya tidak terlepas dari dukungan seluruh pihak, baik itu penyelenggara, pemerintah, masyarakat hingga pihak-pihak yang terlibat sebagai peserta pemilu," ujarnya.


Saat ini tahapan yang akan berlangsung yaitu proses rekapitulasi penghitungan perolehan suara di tingkat provinsi, oleh karena itu ia berharap agar pelaksanaan tahapan ini dapat berlangsung lancar tanpa ada hambatan.


"Di tingkat kabupaten kita sudah melakukan pengawasan melekat mengenai pelaksanaan rekapitulasinya, nah selanjutnya akan dilakukan di tingkat provinsi. Semoga tahapan ini berjalan lancar tanpa ada hambatan," harapnya.*

Penulis: Jhoni Kurniawan

Foto: Jhoni Kurniawan

Editor: Wahyu Perdana