Lompat ke isi utama

Berita

Awasi Pemutakhiran Data Pemilih, Bawaslu Bangka Awali Dengan Apel Kesiapan Pengawasan

Apel Kesiapan Pengawasan Pemutakhiran Data Pemilih Pada Pemilihan Serentak Tahun 2024 di Sekretariat Bawaslu Kabupaten Bangka pada Senin, 24 Juni 2024

Apel Kesiapan Pengawasan Pemutakhiran Data Pemilih Pada Pemilihan Serentak Tahun 2024 di Sekretariat Bawaslu Kabupaten Bangka pada Senin, 24 Juni 2024 

SUNGAILIAT, BADAN PENGAWAS PEMILIHAN UMUM – Menghadapi pelaksanaan Pemutakhiran Daftar Pemilih pada Pemilihan Serentak Tahun 2024, Bawaslu Kabupaten Bangka menggelar Apel Siaga Kesiapan Pengawasan Pemutakhiran Data Pemilih di Halaman Sekretariat Bawaslu Kabupaten Bangka pada Senin, (24/6/2024) pagi.

Apel kesiapan yang dilaksanakan di Sekretariat Bawaslu Kabupaten Bangka diikuti oleh jajaran Pengawas Kelurahan/Desa dari Panwascam Sungailiat, Panwascam Pemali dan Panwascam Merawang, sedangkan kecamatan lainnya melakukan apel secara masing-masing di kecamatan masing-masing.

Bertindak sebagai pembina apel, Ketua Bawaslu Kabupaten Bangka, Sugesti menyebutkan bahwa pengawasan yang dilakukan pada saat proses pemutkahiran data pemilih bersifat urgen dan sangat penting karena menjadi langkah awal pengawasan dalam Pemilihan Serentak Tahun 2024, khususnya di Kabupaten Bangka.

Oleh karena itu, dalam setiap pengawasan yang dilakukan oleh panwascam dan PKD harus dilakukan secara bertanggungjawab dan berdedikasi tinggi. “Pengawasan ini sangat penting sekali sehingga harapannya tidak ada kendala dan tidak ada masalah yang terdampak usai pelaksanaan yang kita sebut pencocokan dan penelitian terhadap daftar pemilih,” ujar Sugesti di Sekretariat Bawaslu Bangka.

Tak lupa pula Sugesti mengingatkan kepada jajaran panwascam dan PKD untuk berkoordinasi bersama KPU melalui PPK ataupun PPS sehingga fungsi-fungsi pengawasan dapat berlangsung dengan baik. “Koordinasi dan Kerjasama sangat diperlukan oleh jajaran kita khususnya panwascam dan PKD yang secara melekat melakukan pengawasan di lapangan. Jangan sampai ada data atau informasi yang terlewat sehingga nantinya malah menimbulkan masalah baru,” imbuhnya.

Sugesti turut berharap agar tahapan pemutakhiran data pemilih di Kabupaten Bangka dapat berjalan lancar dan menghasilkan data pemilih yang akurat, sehingga proses Pemilihan Serentak 2024 dapat berlangsung sukses secara adil dan berintegritas.

Penulis: Jhoni Kurniawan

Foto: Meggi Ferdian

Editor: Wahyu Perdana