Lompat ke isi utama

Berita

Anja Ajak Masyarakat Ikut Kawal Rekapitulasi Penghitungan Perolehan Suara

Pengawasan Rekapitulasi di Kecamatan Pemali

Anja Kusuma Atmaja Bersama Jajaran Saat Melakukan Pengawasan Rekapitulasi di Kecamatan Pemali

BANGKA, BADAN PENGAWAS PEMILIHAN UMUM – Kegiatan rekapitulasi penghitungan perolehan suara Pemilu 2024 di tingkat kecamatan se-Kabupaten Bangka hingga saat ini masih berlangsung sesuai dengan jadwal yang ditentukan. Saat ini juga terhitung telah memasuki hari ke lima.

Anggota Bawaslu Kabupaten Bangka, Anja Kusuma Atmaja menyebutkan hingga saat ini proses rekapitulasi memasuki hari ke empat dan masih terus berlanjut hingga usai di seluruh kecamatan.

Anja menyebutkan dari total delapan kecamatan yang ada di Kabupaten Bangka, Kecamatan Riau Silip yang telah menyelesaikan proses rekapitulasi dan hari ini juga akan mengembalikan logistik yang sebelumnya diterima ke KPU Kabupaten Bangka.

“Hari ini ada satu kecamatan yang telah menyelesaikan proses rekapitulasi yaitu Kecamatan Riau Silip dan hari ini juga informasi yang kami terima adalah seluruh logistik yang telah digunakan saat pemungutan dan penghitungan suara akan dikembalikan ke KPU Kabupaten Bangka,” ujar Anja Kusuma Atmaja pada Kamis, (22/2/2024).

Pengawasan rekapitulasi penghitungan perolehan suara tingkat kecamatan lanjut Anja bertujuan untuk memastikan proses rekapitulasi sesuai dengan aturan, tidak terdapat perubahan perolehan suara dari tingkat TPS hingga tingkat kecamatan dan tidak ada hasil manipulative sehingga harus diawasi secara maksimal.

Oleh karena itu, Anja mengajak seluruh Masyarakat untuk sama-sama mengawasi proses rekapitulasi penghitungan perolehan suara yang ada di tingkat kecamatan.

“Kami berharap agar masyarakat jangan menganggap bahwa pemilu itu hanya saat hari pencoblosan saja, padahal tidak demikian karena ada yang sangat penting yaitu mengawal hasil penghitungan perolehan suara,” ujarnya. 

Pengawasan bersama rakyat lanjut Anja berjalan sesuai dengan jargon yang dianut oleh bawaslu yakni ‘Bersama Rakyat Awasi Pemilu Bersama Bawaslu Tegakkan Keadilan Pemilu’.

Penulis: Jhoni Kurniawan

Foto: Meggi Ferdian

Editor: Wahyu Perdana