Lompat ke isi utama

Berita

Wujudkan Pemilu Berintegritas, Bawaslu Bangka Terus Lakukan Sosialisasi Pengawasan Partisipatif

Ketua Bawaslu Bangka, Sugesti

Ketua Bawaslu Kabupaten Bangka, Sugesti Saat Sosialisasi Pengawasan Partisipatif di Kecamatan Sungailiat

Sungailiat, Badan Pengawas Pemilihan Umum – Guna meningkatkan pelaksanaan pengawasan masyarakat dalam pelaksanaan setiap tahapan Pemilu 2024, Bawaslu Kabupaten Bangka terus melakukan sosialisasi pengawasan partisipatif ke seluruh kecamatan di Kabupaten Bangka. 

 

Sebut saja pada Rabu, (31/1/2024) lalu, Bawaslu Kabupaten Bangka melakukan roadshow sosialisasi di dua kecamatan yakni di Kecamatan Sungailiat dan Kecamatan Pemali. Setelah itu pada Kamis, (1/2/2024) kembali melakukan sosialisasi di dua kecamatan yakni di Kecamatan Riau Silip dan Kecamatan Belinyu.

 

Tak hanya itu, kegiata kembali dilakukan pada Jumat, (2/2/2024) di empat kecamatan yaitu di Kecamatan Puding Besar, Kecamatan Bakam, Kecamatan Merawang dan Kecamatan Mendo Barat.

 

Ketua Bawaslu Kabupaten Bangka, Sugesti menyebutkan bahwa sosialisasi pengawasan partisipatif ini merupakan langkah-langkah yang dilakukan untuk melibatkan seluruh lapisan masyarakat di setiap kecamatan se-Kabupaten Bangka, seperti misalnya mahasiswa/i, organisasi kepemudaan, organisasi masyarakat, tokoh masyarakat dan tokoh agama hingga peserta didik untuk meminimalisir terjadinya pelanggaran pemilu.

 

Selain itu, melalui kegiatan ini lanjut Sugesti diharap dapat menjadi momentum dalam mencegah pelanggaran-pelanggaran seperti politik uang (money politic) di setiap tahapan, mulai dari kampanye,  masa tenang hingga saat pemungutan suara.

 

“Kegiatan ini sudah kami lakukan di beberapa titik kecamatan dan masih berlangsung hingga hari ini di empat kecamatan seperti di Kecamatan Merawang, Mendo Barat, Puding Besar dan Kecamatan Bakam,” ujar Sugesti pada Jumat (2/4/2024).

 

Ia menambahkan, pentingnya pelaksanaan sosialisasi ini adalah untuk mencegah terjadinya pelanggaran atau praktik-praktik yang mencederai proses demokrasi dalam Pemilu Serentak 2024 yang tidak lama lagi akan digelar.

 

Menjelang masa tenang, Sugesti juga mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk menyampaikan dan meneruskan kepada pengawas pemilu jika ada pelanggaran yang terjadi di lingkungan masyarakat.

 

“Harapan kita melalui kegiatan ini adalah masyarakat tidak takut untuk menyampaikan temuan atau pelanggaran yang terjadi dilingkungan mmerea. Saya juga mengajak seluruh masyarakat untuk berperan serta aktif  dalam mengawasi setiap tahapan pemilu,” imbuhnya.

 

Senada dengan Ketua Bawaslu Kabupaten Bangka, Sugesti, Koordinator Divisi Hukum, Pencegahan, Partisipasi Masyarakat dan Hubungan Masyarakat Bawaslu Kabupaten Bangka, Anja Kusuma Atmaja menyebutkan pentingnya pemahaman mengenai kepemiluan kepada seluruh lapisan masyarakat mulai dari pelajar hingga tokoh masyarakat dan tokoh agama sehingga masyarakat juga dapat mengawasi setiap proses tahapan Pemilu Serentak 2024.

 

Menurut Anja, melalui sosialisasi ini diharapkan integritas dan kualitas pengawasan dapat berlangsung dengan baik dan berjalan sesuai dengan regulasi dan undang-undang yang berlaku.

 

“Peran serta masyarakat kita, mulai dari pelajar, mahasiswa, organisasi atau komunitas kepemudaan, organisasi masyarakat, tokoh masyarakat hingga tokoh agama sangat kita perlukan karena masyarakat ini juga menjadi sentral penting dalam membantu tugas bawaslu dalam pengawasan Pemilu,” ungkap Anja.*

Penulis: Jhoni Kurniawan

Foto: Meggi Ferdian

Editor: Wahyu Perdana