Lompat ke isi utama

Berita

Sukseskan Pengawasan dalam Pemilu, Bawaslu Bangka Ajak Masyarakat Aktif dan Berpartisipasi

Sungailiat, Badan Pengawas Pemilihan Umum - Bawaslu Kabupaten Bangka melangsungkan forum warga sebagai upaya untuk meningkatkan peran masyarakat dalam pengawasan partisipatif menjelang pelaksanaan Pemilu Serrentak 2024. Kegiatan ini dilangsungkan di Aksi Natural Resort, Mendo Barat pada Kamis, 12 Oktober 2023.

Koordinator Divisi Hukum, Pencegahan, Partisipasi Masyarakat dan Hubungan Masyarakat (HPPH) Bawaslu Kabupaten Bangka, Anja Kusuma Atmaja dalam sambutannya menyatakan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu bentuk tugas dari bawaslu untuk memastikan pengawasan pemilu yang dapat dilakukan oleh berbagai pihak terutama organisasi masyarakat, pemilih pemula serta berbagai elemen masyarakat lainnya. Khususnya di Kecamatan Mendo Barat, Anja juga menyebutkan jika peran serta dari seluruh lintas masyarakat dan instansi sangat dibutuhkan guna menyukseskan Pemilu 2024.

Selain itu, Anja juga menyebutkan bahwa Bawaslu Kabupaten Bangka tidak mampu untuk bergerak sendirian, sehingga membutuhkan bantuan dan dukungan dari seluruh pihak. "Saya berharap sekali masyarakat dapat menyambut baik Program Forum Warga Pengawasan Pemilu ini karena melalui forum ini partisipasi dan peran serta masyarakat dalam pengawasan pemilu dan berdampak pada suksesnya pelaksanaan Pemilu 2024," ujar Anja Kusuma Atmaja.

Sementara itu, Dosen Tarbiyah IAIN SAS Bangka Belitung, Dr. Lukman Sumarna, Lc. S.S.I., M.A.Pd yang turut hadir dalam kegiatan ini menyampaikan hak dan kewajiban rakyat dalam pelaksanaan Pemilu. Menurut Lukman, sebagai warga negara yang telah memenuh syarat-syarat tertentu diberi hak untuk dipilih dan hak untuk memilih karena hal ini merupakan bagian dari Hak Asasi Manusia (HAM) dan juga sebagai bentuk hak untuk mengetahui segala informasi terkait penyelenggaraan pemilihan umum.

Lukman juga mengajak masyarakat untuk terlibat aktif dalam pengawasan partisipatif, karena menurutnya akan berdampak kepada meningkatnya kualitas demokrasi, memastikan hak politik masyarakat terlindungi, memastikan pemilu bersih, transparan dan berintegritas dari sisi penyelenggara dan penyelenggaraan, mendorong tingginya partisipasi semua elemen masyarakat, mendorong terwujudnya pemilu sebagai instrumen penentu  kepemimpinan politik dan evaluasi kepemimpinan politik dan mendorong munculnya kepemimpinan politik yang sesuai dengan aspirasi terbesar rakyat.

Untuk itu, Lukman mengajak dan berharap agar masyarakat memanfaatkan momentum ini untuk menjadikan demokrasi di Bangka Belitung dan Indonesia menjadi lebih baik dan maju.

Ditulis oleh Jhoni Kurniawan

Editor : Wahyu Perdana

Tag
Berita
BERITA