Lompat ke isi utama

Berita

Jelang Pemilu 2024, Bawaslu Bangka Berikan Penguatan Kapasitas Saksi Parpol

Anggota Bawaslu Bangka, Anja Kusuma Atmaja

Sungailiat, Badan Pengawas Pemilihan Umum - Bawaslu Kabupaten Bangka Melakukan Rapat Fasilitasi Penguatan Kapasitas sekaligus Pelatihan Saksi Partai Politik Peserta Pemilu 2024 di Kabupaten Bangka. Penguatan kapasitas ini diberikan kepada para saksi yang nantinya akan bertugas saat proses pemungutan dan penghitungan suara Pemilu 2024.

Anggota Bawaslu Kabupaten Bangka, Anja Kusuma Atmaja saat membuka kegiatan menyebutkan pelatihan ini dilakukan sebagai upaya persamaan persepsi dari penyelenggara pemilu, khususnya Bawaslu Kabupaten Bangka bersama peserta Pemilu 2024.

Penguatan kapasitas saksi partai politik lanjut Anja merupakan langkah konkret dalam memastikan setiap aspek dan langkah Pemilu Serentak Tahun 2024 berjalan dengan transparan dan bebas dari kecurangan.

Anja yang juga merupakan Koordinator Divisi Hukum, Pencegahan, Parmas dan Humas Bawaslu Kabupaten Bangka menyebutkan pelaksanaan Pemilu 2024 tidak lagi menghitung bulan, namun menghitung hari dan semakin dekat sehingga koordinasi dan komunikasi sangat perlu dilakukan demi menghasilkan hubungan yang baik dan erat.

Ia juga berharap agar kegiatan penguatan kapasitas ini dapat meningkatkan pemahaman dan keterampilan para saksi pemilu dalam melaksanakan tugas dengan profesional dan berintegritas tinggi.

“Kalau memang ada kendala atau masalah, mari kita bicarakan dan mari kita cari solusi terbaiknya sehingga pelaksanaan pemilu berlangsung nyaman dan damai,” ujar Anja pada Senin, (5/2/2024) di Hotel Novilla Sungailiat.

Melalui kegiatan ini, Anja juga berharap agar para perwakilan yang diundang dalam pelatihan ini menyampaikan secara berjenjang mengneai aturan-aturan teknis apa saja yang harus dilakukan para saksi pada saat pemungutan dan penghitungan surat suara saat Pemilu 2024 mendatang.*

Penulis: Jhoni Kurniawan

Foto: Meggi Ferdian

Editor: Wahyu Perdana