Lompat ke isi utama

Berita

Bawaslu Bangka Lakukan Simulasi Pemungutan dan Penghitungan Suara Pemilu Serentak 2024

Simulasi Pemungutan Suara di Kabupaten Bangka

Sungailiat, Badan Pengawas Pemilihan Umum - Bawaslu Kabupaten Bangka menggelar Simulasi Proses Pemungutan dan Penghitungan Suara pada Pemilu Serentak 2024 di Auditorium Tanjung Pesona Resort, Sabtu (3/2/2024).

Ketua Bawaslu Kabupaten Bangka, Sugesti menyebutkan simulasi ini dilaksanakan sebagai bahan persiapan, bahan evaluasi dan sebagai upaya untuk mengatasi masalah yang sering muncul saat pelaksanaan Pemilu 2024 yang tak lama lagi akan dilaksanakan.

Kegiatan ini lanjut Sugesti diikuti oleh Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (panwascam) se-Kabupaten Bangka sebagai bekal yang akan diteruskan kepada Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) di masing-masing kecamatan.

"Kita mengadakan kegiatan ini sebagai kesiapan untuk menghadapi Pemilu 2024. Apa masalah yang sering terjadi di lapangan dan kondisi yang berlangsung kita simulasikan hari ini dan kita bahas setiap permasalahan yang ada sehingga ada solusinya," ujar Sugesti di Tanjung Pesona, (3/2/2024).

Proses simulasi ini lanjut Sugesti sebagai pemetaan dan langkah-langkah pencegahan yang harus diambil saat proses pemungutan dan penghitungan berlangsung di TPS sehingga tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Sugesti turut berharap agar Pengawas TPS bekerja dengan maksimal dalam mengawasi dan mencegah adanya pelanggaran-pelanggaran saat Pemilu 2024 sehingga tidak menyebabkan adanya potensi terlaksananya Pemilihan Suara Ulang (PSU).

“Mari kita lakukan pengawasan dengan cermat di TPS masing-masing sehingga pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara berjalan sesuai harapan kita semua dan berlangsung secara demokratis,” ungkapnya.*

Penulis: Jhoni Kurniawan

Foto: Meggi Ferdian

Editor: Wahyu Perdana